Kamis, 09 Mei 2019

Resep Sayur Asem Terlezat

Resep Masakan – Selamat pagi sahabat RumaEka.... yey sudah masuk hari ke 4 aja ini puasanya, belum bolong kan puasanya??? Kepp strong guys untuk puasa, jadikan momen Ramadhan ini sarana untuk memperbaiki diri yang banyak dosa ini. masih dengan tema yang sama, mimin mengikuti challenge dari BloggerPerempuan #bloggerperempuan #30HariKebaikanBPN.


Kali ini mimin mau menulis resep sayur asem dari bunda tercinta, memang tak ada masakan yang lezat selain masakan bunda walaupun master cheff sekalian gak ada yang bakal nandingin masakan bunda. Mimin mau bercerita tentang pengalaman memasak mimin pertama kali, mohon jangan di bully hehehe.




PENGALAM MEMASAK PERTAMA KALI “SAYUR ASEM”

Pagi itu aku tidak ada kuliah, ibu ke ladang sedangkan belum memasak sayur hanya ada nasi dan ceplok telur saja waktu itu. Aku duduk di teras untuk menunggu tukang sayur, ada asa khawatir sebenarnya  takut kalau gak bakal enak nanti masakannya. Hmm sebenarnya aku orangnya gak manja kok tapi emang disayang banget sama orang tua, maklum lah anak satu-satunya yang cantik lagi whehehe.

Setelah mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk membuat sayur asem, aku mulai mencuci sayuran dan memotongnya. Tapi aku bingung waktu itu, bumbunya apa sayur asem itu?? Aturan waktu ibu memasak aku ikut lihat biar gak kayak gini gerutuku kesal. Untung saja ada Budheku yang siap untuk diwawancara seputar resep sayur asem.

Aku pergi kerumah Budhe dan bertanya padanya, untung Budheku dirumah belum berangkat untuk ke ladang juga. “Budhe aku mau tanya, itu sayur asem gimana cara masak dan bumbunya apa???” aku duduk dikursi sambil tersenyum manis saat bertanya biar gak dikatain.

“lah emang ibumu belum masak sayur???” tanya Budhe lagi
Ya kali kalau udah masak ngapain aku tanya hmmm bisikku dalam hati,”hmm belum budhe maka dari itu aku tanya”

“owh gitu, gini caranya kamu masak air dulu sampai mendidih habis itu masukin sayur mayurnya seperti terung, kacang panjang sama daun ubi itu. Untuk bumbunya kasih cabe 1 aja, bawang putih 1, garam sama kacang tanah dan 1 asam tapi untuk buah asamnya masak dulu sampai empuk habis itu baru di ambil. Bumbu sama asamnya dihalusin, lalu setelah sayurannya empuk kamu masukin daun ubi sama bumbunya. Udah gitu tunggu daun umbi empuk angkat, udah jadi tinggal makan”

“Oke Budhe siap, terimakasih resepnya... aku pulang dulu” untung aku bawa hp jika tidak wah gawat, mana penjelasannya panjang banget bisikku dalam hati.

Setelah selesai dari rumah Budhe aku segera mengeksekusi sayura asemku, tak butuh waktu lama 10 menitan sudah selesai masakanku dan benar saja wenak rasanya. Tapi aku memasak sayurannya terlalu empuk waktu itu tapi tak apalah yang penting rasanya enak dan mendapat pujian dari orang tuaku tersayang.

Selesai

Yah begitulah cerita sedikit tentang pengalaman mimin pertama kali memasak, kembali ke topik yakni resep sayur asem. Mimin akan menuliskan resep sayur asem dari budhe tercinta ^_^

Bahan :
10 buah terung
1 ikat kacang panjang
1 ikat daun ubi (godong telo muntul)
1 asem jawa yang fresh

Bumbu :
1 cabe atau bisa lebih
1 siung bawang putih
Kacang tanah secukupnya
Garam secukupnya
Cara memasak :

Cuci bersih sayur mayur kemudian potong-potong sesuai keinginan, masak air hingga mendidih. Setelah mendidih masukan sayuran kecuali daun ubi (godong telo muntul) dan asemnya, setelah asemnya terasa empuk angkat. Ingat asemnya aja dan janga diangkat pake tangan nanti panas hehe. Campur asem dengan bumbumya dan uleg sampai halus, lembut seperti kulitmu. Lalu masukan daun ubi dan bumbunya, tunggu mendidih dan siap diangkat untuk disajikan.

Yah itulah resep sayur asem ala-ala orang desa banget get pokoknya, silakan mencoba dan terimakasih.
Makanan Terlezat Versi mimin ^_^


Share:

4 komentar: