Selasa, 14 Mei 2019

Gosok Gigi Saat Puasa? Kenapa Tidak


Lifestyle – Selamat pagi sahabat RumaEka.... yey udah hari ke 9 puasanya berarti lebaran tinggal 20 hari lagi, oh yaaa makin lancar kan puasanya??? Semoga selalu sehat dan bahagia. masih dengan tema yang sama, mimin mengikuti challenge dari BloggerPerempuan #bloggerperempuan #30HariKebaikanBPN.

Kemarin ada salah satu murid les bertanya sama mimin tentang hukumnya menggosok gigi saat puasa. Sebenarnya menggosok gigi saat siang hari itu boleh tetapi lebih ke mudhorotnya, mudhorotnya adalah ketika sisa air / pasta gigi tertelan karena ketidak sengajaan. Tapi masa iya udah gede gak bisa sikat gigi agar tidak tertelan???? 




Kalau dihukum islam namanya Makruh (dilakukan tidak mendapat dosa dan jika ditinggalkan mendapat pahala). Akan lebih baik jika menggosok gigi dilakukan setelah sahur atau pagi hari sebelum matahari terbenam eh terbit maksudnya.  Akan tetapi banyak ustad-ustad yang pernah mimin jumpai lebih menyarankan untuk memakai siwak.

Kalau menurut pendapat pribadi mimin boleh sebenarnya untuk kita menggosok gigi saat puasa, cara praktis selain menggunakan siwak juga bisa menggunakan sikat gigi tanpa pasta gigi. Mulut adalah salat satu anggota tubuh yang sangat butuh perhatian ekstra, apalagi jika saat puasa kita bekerja dan menemui banyak orang maka dari itu kita boleh menggosok gigi tetapi dengan hati-hati agar tidak tertelan baik air/pasta giginya.

Ketika berpuasa mulut kita cenderung kering, itu disebabkan karena kita tidak mengkonsumsi air pada saat siang hari. Menjaga kebersihan mulut saat puasa harus kita perhatikan, apalagi jika kita berinteraksi dengan banyak orang. Karena jika orang lain terganggu dengan bau mulut saat kita berpuasa maka kebaikan juga akan berkurang.

Mimin dulu ketika mengaji pernah ustad bilang, Nabi Muhammad SAW juga pantang mendatangi tempat umum manakala ketika mulut berbau. Yang terpenting adalah apa yang masuk kedalam tubuh kita selalu memenuhi nilai halalan thoyibban. Harapan dari itu semua terpenuhi maka puasa yang kita jalankan menjadi sempurna dan bermanfaat untuk seluruh anggota tubuh kita. Tapi ingat kalau gosok gigi jangan sambil minum hehehe

Demikian sedikit artikel mengenai diperbolehkan tidak menggosok gigi saat berpuasa, mimin berpendapat seperti ini karena mimin pernah bertanya jawab seputar menggosok gigi ketika menggunjungi salah satu pesantren yang ada di Jember dulu. Semoga bermanfaat dan semangat berpuasa hingga terdengar suara adzan magrib nanti.  



Share:

0 komentar:

Posting Komentar