Kamis, 16 Mei 2019

Cara Simpel Memasak Ketupat Dengan Panci Presto


Lifestyle – Selamat pagi sahabat RumaEka.... yey udah hari ke 11 puasanya, 10 hari pertama sudah kita lewati. Saatnya lebih mempertebal lagi iman kita menginjak ke 10 hari kedua, semoga sampai gool. Masih dengan tema yang sama, mimin mengikuti challenge dari BloggerPerempuan #bloggerperempuan #30HariKebaikanBPN.

Ketupat adalah hidangan hari raya yang begitu legend banget, kenapa begitu??? Jangan ditanya lagi, yang namanya ketupat itu sudah menjadi makanan wajib saat hari raya tiba pastinya dengan lauk opor. Duh mimin ngiler but tabahkan hati sampai bedug magrib ^^


Kali ini mimin mau menshare tentang cara simpel memasak ketupat dengan panci presto, semoga bisa membantu para mahmud (mamah muda) untuk menghidangkan ketupat di hari raya nanti. Apa saja langkah-langkahnya??? Silakan langsung disimak


Langkah ke – 1 : Siapkan panci presto, cek kembali keamanan panci presto antara lain baut, mur, karet supaya aman terkendali saat memasak ketupat. Itu semua dilakukan selain untuk membuat panci presto aman juga agar panci presto tahan lama. Priksa lubang udara pancinya dari kotoran yang membandel.

Langkah ke – 2 : Siapkan ketupat yang belum di isi beras. Cuci bersih dan keringkan maksudnya biar ketupat tidak begitu basah saat di isi beras nantinya.

Langkah ke – 3 : Siapkan beras yang akan digunakan untuk mengisi ketupat, rendam terlebih dahulu sekitar 10 menit tapi boleh juga lebih dari 10 menit. Setelah itu cuci bersih kemudian tiriskan.

Langkah ke – 4 : Isi ketupat tadi dengan beras yang sudah di tiriskan dengan ukuran ¾ wadah ketupat tadi. Lebih dari itu juga boleh nanti hasil ketupatnya akan padet.

Langkah ke – 5 : Setelah selesai memasukan beras, langkah selanjutnya adalah memasukkan ketupat ke dalam panci presto. Isi air di pancir presto tetapi jangan sampai penuh takutnya nanti jika mendidih air akan meleber keluar.

Langkah ke – 6 : Terakhir adalah menutup panci presto dengan benar kemudian menyalakan api paling besar, sampai uap pertama bisa menggerakkan atau memutar katup uap ini terjadi dimenit 7-10 pertama. Lalu setelah katup berputar dan berdesis selama 10 menit kecilkan api. Kemudian masak ketupat hingga ke menit 45-50, matikan kompor karena ketupat sudah masak. Sebelum membuka panci presto, pastikan katupnya sudah turun. Jangan pernah membuka paksa panci presto karena sangat berbahaya.


Demikian sedikit tips untuk sahabat RumaEka, supaya memasak ketupat dengan panci presto dengan aman dan nyaman. Semoga bermanfaat

Share:

0 komentar:

Posting Komentar