Minggu, 26 Mei 2019

5 Trik Untuk Membiasakan Anak Berpuasa


Lifestyle – Selamat pagi sahabat RumaEka.... yey udah hari ke 21 puasanya, sudah persiapan untuk mencari baju lebaran belum?? Hmmm atau sudah mulai membuat kue lebaran?? Walaupun begitu tetap yah jaga puasanya jangan sampai bolong ^^. Masih dengan tema yang sama, mimin mengikuti challenge dari Blogger Perempuan #bloggerperempuan #30HariKebaikanBPN.


Memiliki anak kecil adalah sebuah anugerah dalam keluarga, menanamkan hal-hal yang positif akan menjadikan anak tersebut kelak menjadi seseorang yang memiliki mental dan jiwa yang kuat. Momen Ramadan dapat dijadikan sebagian orang tua untuk mendidik anaknya belajar berpuasa. Memberikan pengertian berpuasan, hikmah dan keberkahan yang akan didapatkan saat menjalankan ibadah puasa.


Mengajari anak kecil berpuasa itu hal yang tak sulit dilakukan karena sebagai orang tua kita tidak boleh memaksa anak untuk berpuasa secara full melainkan bertahap. Seperti contoh berpuasa setengah hari karena ingat banget dari kecil mimin sudah diajari untuk berpuasa walaupun kadang bandel kalau tak ada orang tua nyomot makanan hehehe, kejadian itu pas kecil kelas 1 SD.

Kali ini mimin mau memberikan trik agar anak memiliki antusias dalam berpuasa, apa saja triknya??? Yuuk disimak ^^

Trik ke – 1 : Ajak anak untuk mempelajari hikmah yang diperoleh ketika berpuasa di bulan ramadan. Dalam hal ini beri pengertian kepada anak melalui video atau lagu dan bahkan cerita-cerita tentang hikmah yang didapat ketika berpuasa di bulan ramadan.


Trik ke – 2 : Jangan pernah menuntut anak untuk berpuasa penuh seharian karena jika anak dipaksa maka yang mom dapatkan adalah pembangkangan dari anak. Biarlah mereka belajar puasa 5 jam atau setengah hari tetapi ajarkan setiap hari agar anak menjadi terbiasa.


Trik ke – 3 : Membuat menu makanan favorit anak saat sahur dan berbuka dan berikan menu baru yang bisa membuat mereka semangat. Juga beri motivasi kepada anak agar mereka semangat lagi dalam menjalani puasa.


Trik ke – 4 : Beri reward saat anak bisa melalui puasanya dengan lancar tetapi berikan sesuatu yang bermanfaat jangan yang unfaedah. Misalnya sebagai reward beri anak coklat kindder joy ^^, buku cerita, buku tentang kisah para nabi dan masih banyak lagi.


Trik ke - 5 : Ajak anak untuk mengikuti kegiatan selama bulan ramadan agar mereka semakin semangat dalam menjalani puasanya. Banyak kegatan yang bisa dikerjakan bersama anak-anak, misalnya ajak anak untuk berbagi dengan yang kurang mampu seperti berbagi takjil, solat taraweh dan mengaji.
Search from widiautami.com

Demikian 5 Trik caa membiasakan anak untuk berpuasa sejak dini, dini dalam artian paling tidak ketika anak berumur 5 tahun karena anak itu berperilaku baik atau tidak tergantung didikan orang tuanya. Terutama seorang ibu adalah madrasah pertama bagi buah hatinya. Semoga bermanfaat ^^



Share:

0 komentar:

Posting Komentar