Jumat, 10 Mei 2019

Resep Cilok Simpel dan Enak



Resep Masakan – Selamat pagi sahabat RumaEka.... yuhuuu sudah masuk hari ke 5 aja ini puasanya, belum bolong kan puasanya??? Kepp strong guys untuk puasa, jadikan momen Ramadhan ini sarana untuk memperbaiki diri agar lebih baik lagi. masih dengan tema yang sama, mimin mengikuti challenge dari BloggerPerempuan #bloggerperempuan #30HariKebaikanBPN.

RESEP CILOK SIMPEL DAN ENAK



Hari ini mimin mau mengulas lagi tentang makanan nih, enak itu yah kalau habis pulang taraweh makan sesuatu kayak cilok misalnya. Apalagi kalau ciloknya buat sendiri dengan berbagai macam kreasi gak itu-itu aja. Ingat banget dulu waktu mimin masih sekolah SD seneng banget jajan cilok, eh gak hanya SD sih tapi sampai sekarang pun masih menjai penggemar cilok.


Dulu suka beli cilok sampai-sampai penjual ciloknya sekarang hafal sama mimin, tiap lewat depan rumah selalu menyapa “Mbak Nur..... ndak beli cilok???” yang tadinya gak beli jadi beli deh hehehe, tapi untuk sekarang lebih suka membuat cilok berbagai varian dari pada beli.

Cilok adalaah makanan yang disukai oleh beberapa kalangan, tua, muda bahkan ibu mimin juga begitu suka dengan cilok. Sampaia-sampai tiap mimin keluar dan gak sempet bikin cilok minta dibeliin, enak sih cilok itu jadi ya jadi salah satu makanan favorit.

Hari ini mimin mau berbagi resep cilok ala-ala mimin hehe, cilok ini bahannya mudah ditemukan dan pastinya delicious sekali. Berikut adalah bahan dan cara membuatnya :

Bahan :
¼ kg tepung terigu
1 bungkus tepung tapioka
1 telur
Daging giling bila suka
2 batang seledri
2 batang bawang prei
2 siung bawang putih
2 sendok makan mentega
Penyedap secukupnya
Lada secukupnya
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat cilok :
          1.    Pertama-tama cuci seledri dan bawang prei di alir mengalir 
2. Iris kecil-kecil daun seledri dan bawang prei kemudian taruh di wadah yang berbeda
3.   Lalu tumbuk / uleg bawang putih bahkan bisa hanya di iris tipis-tipis jika suka
4. Siapkan wadah agak besar, masukan tepung terigu, tepung tapioka, daun seledri sama   bawang prei, tumbukan bawah putih, telur/daging cingcang, mentega, garam, lada dan   penyedap
5. Aduk hingga merata semua bahan tapi kalau mimin sih jaran gbikin cilok pakai daging   dan tlur, lebih sering hanya pakai sayuran saja seledri sama bawang prei
6.  Masukkan air sedikit demi sedikit agar adonan tidak encer, karena jika encer cilok tak bisa dibentuk guys ^_^
7. Masak air hingga mendidih lalu masukan cilok yang udah dibentuk, jika pengen varian dan rasa lain boleh cilok dililit ke tusuk sate kemudian di masak di air mendidih. Ciloknya bahan serupa tetapi rasanya beda
Bahan membuat bumbu kacang :
1 siung bawang putih
Kacang tanah secukupnya
Cabai secukupnya
Penyedap secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Garam secukupnya
Kecap manis secukupnya

Cara membuat bumbu kacang :
Pertama-tama goreng kacang tanah hingga matang bersama dengan cabai dan bawang putih, setelah masak angkat, beri penyedap, garam dan uleg sampai halus lalu yang terakhir beri kecap manis secukupnya. Tara jadi bumbu kacang untuk cocolan cilok kita, siap santap. Buat yang tak suka bumbu kecap boleh pakai saos tomat atau soas cabe, semua terasa enak kok.
foto pas makan sahur
Demikian resep sederhana cilok dari mimin, walaupun sederhana tetapi mimin pernah membuat tester cilok ini untuk awal usaha but belum terlaksana karena terlalu menyibukkan diri dengan kegiatan lainnya. Kamu kapan mau coba membuat? Enak lo dimakan pas berbuka puasa apalagi kalau ciloknya digoreng dan dikasih kecap sedikit duhh asli wenak banget, ngiler jadinya hahahahaha.


NB : foto yang mimin pajang itu ciloknya sudah keburu abis baru inget kalau mau di foto ^_^


Share:

4 komentar:

  1. Makasih info dan tipsnya,.
    http://bit.ly/2FuAoqX

    BalasHapus
  2. Sama-sama kakak, newbie mencoba menulis

    BalasHapus
  3. Ciloknya mantap mbak resep simple, praktis dan sederhana buat ta'jil enak tuh daripada beli kita belajar berhemat jangan lupa kunjung keblog saya mbak link dibawah, sebelumnya maaf yaa aku naruh link dibawah karena pekerjaan aku kaya gini jadi blogging.
    http://bit.ly/2PYV1P0

    BalasHapus