Rabu, 11 September 2019

Bola-Bola Singkong Isi Coklat




Resep Masakan Selamat malam sahabat RumaEka....... bagaimana kabarnya????  Kali ini mimin mau memposting tentang camilan yang enak, murah dan mudah cara membuatnya. Camilan ini sangat rekomended dimakan saat sedang bersantai bisa ditemani dengan secangkir kopi atau juga teh hangat.




Bola-bola singkong nama camilan ini, berawal ketika Bapak pulang dari ladang dan membawa beberapa potong singkong yang lumayan gede. Karena bosan dengan makanan tradisional dari singkong seperti tape, gethuk, utri, kripik dan masih banyak lagi.  Berawal dari rasa bosan itulah mimin mempunyai ide untuk merecok resep jadul dari singkong tapi tak menghilangkan rasa tradisionalnya.

Nama tradisional dari camilan ini sih “ndok gludug” isinya gula merah tetapi kali ini mimin membuatnya dengan isian dark coklat. Singkong yang memiliki karbohidrat tinggi juga bisa membuat kita kenyang lebih lama lo, jangan salah jika singkong ini makanan yang jadul dan tak berkelas. Karena ditangan chef terkenal singkong ini bisa menjadi makanan yang memiliki nilai ekonomis tinggi terutama di negara-negara maju.

Bahan utama dari camilan ini adalah singkong, kandungan nutrisi dari singkong sangat baik bagi tubuh kita karena dalam 100 gram singkong rebut terdapat 112 kalori yang 98% berasal dari karbohidrat dan protein serta lemak. Dalam takaran yang sama, singkong juga mengandung serat dan beberapa vitamin serta mineral yang sangat bagus bagi tubuh kita.

Disini mimin akan sedikit membahas kandungan dari singkong sebelum resep camilan yang yummy ini, yaitu :
Karbohidrat, setiap 100 gram singkong memiliki kandungan 38 gram karbohidrat yang baik sebagai sumber energi pada tubuh kita, apalagi jika kita memiliki aktivitas fisik yang berat.

Serat, kandungan serat pangan yang tinggi pada singkong dapat mencegah terjadinya sembelit yang melilit dan membuat kita tidak nyaman. Tak hanya itu serat juga bisa menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolestrol, menurunkan resiko obesitas dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Mineral, singkong memiliki kkandungan mineral yang cukup banyak seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi dan kalium. Mineral ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan, petumbuhan dan menjalankan fungsi jaringan tubuh.

Vitamin, kandungan vitamin C, E dan folat yang tinggi pada singkong ini bermanfaat untuk melindungi diri dari kanker usus besar dan mengurangi resiko komplikasi selama kehamilan. Selain itu vitamin C juga dapat melindungi dari penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker.

Nah, itu adalah manfaat dari singkong ang mungkin ada beberapa orang belum mengetahuinya. Sekarang saatnya mimin menshare resep camilan “bola-bola singkong isi coklat”, yaitu :

Bola-Bola Singkong Isi Coklat
Bahan :
3 ruas singkong ukuran standart sudah dikupas
3 Sdm gula pasir
½ Sdt garam
Vanili secukupnya
Dark coklat secukupnya

Bahan celupan :
5 Sdm tepung terigu
Air secukupnya

Garnies :
Cocochip
Parutan keju

Cara membuat :
Kupas singkong kemudian potong menjadi beberapa bagian dan buang kayu dibagian tengahnya lalu cuci hingga bersih, siapkan panci untuk mengukus singkong, setelah singkong masak angkat kemudian haluskan lalu beri gula pasir, garam, vanili. Campur semua hingga merata. Siapkan dark coklat untuk isian, ambil sedikit kemudian bentuk bulat-bulat dan beri isian coklat. Setelah selesai membuat bulatan, panaskan minyak goreng. Celupkan bola-bola singkongnya kedalam adonan terigu yang sudah diberi air sedikit kemudian goreng dengan api sedang hingga kecoklatan dan angkat. Hidangkan selagi hangat ditemani dengan kopi atau teh.

Demikian resep dan sedikit pengetahuan tentang kandungan dari singkong semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung ^_^






Share:

0 komentar:

Posting Komentar