Rabu, 14 Agustus 2019

9 Khasiat Buah Tin Untuk Menjaga Kesehatan




Lifestyle Selamat malam sahabat RumaEka....... bagaimana kabarnya????  Kali ini mimin mau memposting tentang manfaat buah tin bagi kehidupan kita. Siapa sih dimuka bumi ini yang tidak mengetahui buah surga itu??? OMG buahnya yang imut dan membawa banyak mangfaat itu sekarang sedang naik daun dan banyak orang-orang membudidayakannya, termasuk mimin lah tapi masih sedikit belum banyak heu...heu...



Buah tin, buah ara atau bisa disebut buah surga ini memiliki begitu banyak khasiat seperti yang sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadist. Kandungan buah tin yakni memiliki gula alami, mineral, vitamin dan serat  yang sangat baik bagi tubuh kita.  Kandungan mineralnya antara lain adalah kalsium, zat besi, fosfor, mangan, natrium, kalium dan masih banyak lagi. Lalu untuk kandungan vitaminnya terdiri dari vitamin A, B1, B2, B9, C, E, K dan masih banyak lagi kandungan lain dari buah surga ini.

Nah... untuk itu mimin akan menuliskan beberapa manfaat dari buah tin ini baik untuk mencegah dan mengatasi beberapa macam penyakit. Apa saja??? Ini nah jawabannya.

9 khasiat buah tin untuk dikonsumsi

 1.  Hempaskan sembelit dengan buah tin
Mengkonsumsi 3 buah tin memiliki kandungan serat seberat 5 gram, konsentrasi serat yang tinggi mampu membantu fungsi usus yang sehat dan teratur serta dapat mencegah konstipasi atau sembelit. Serat dari buah tin ini bekerja menambah masa feses sehingga memudahkan untuk bergerak di dalam usus. Jadi dapat mencegah sembelit tetapi buah surga ini juga sangat handal untuk menyembuhkan diare yang amat sangat membuat kita tidak nyaman dalam beraktivitas.

 2.  Diet dengan buah tin
Kandungan serat dari buah tin ini mampu menyerap lemak di dalam saluran cerna, maka dari itu banyak orang-orang mengkonsumsi buah tin ini untuk diet. Tetapi perlu di ingat jangan mengkonsumsi buah ini bersamaan dengan susu karena jumlah kalori yang tinggi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Makan buah ini secukupnya misalnya 1 buah sehari untuk tujuan diet.



 3.  Menjaga kadar koletrol normal dalam darah
Selain memiliki serat, buah tin juga memiliki kandungan peptin (serat larut). Ketika serat ini berada di saluran pencernaan, maka serat ini akan menggumpalkan kolestrol dan membawanya ke sistem pembuangan untuk dikeluarkan dari dalam tubuh kita.

 4.  Memelihara kesehatan Jantung
Pembunuh pertama adalah sebutan bagi penyakit jantung, untuk itu sayangilah jantung dengan mengkonsumsi buah tin. Buah tin ini memiliki kandungan antioksidan fenolik yang mampu menghempaskan radikal bebas yang bersifat merusak jantung dan pembuluh darah kita. Dengan menjaga kadar trigliserida dan kolestrol, juga dapat menstabilkan darah. Maka buah tin ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita. So tunggu apalagi ??? kecil imut dan banyak khasiat untuk memperpanjang usia jantung  ^_^

 5.  Mencegah kanker payudara
Antioksidan dan serat yang tinggi dari buah tin ini mampu menangkal radikal bebas yang dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit salah satunya adalah kanker payudara. Tubuh seorang wanita di usia menopouse memiliki keseimbangan hormon yang sering berfluktuasi, hormon-hormon ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang dapat mempengaruhi kemampuan antioksidan dalam tubuh dan untuk melawan radikal bebas.

 6.  Mengobati anemia
Kandungan zat bezi yang ada dalam buah tin mampu menyembuhkan anemia, apalagi jika buah tin dalam keadaan kering maka kandungan zat besi semakin tinggi yang merupakan komponen kunci utama pembentukan hemoglobin (Hb).

 7.  Mencegah degenerasi makula
Khasiat buah tin yang belum banyak diketahui adalah membantu mencegah degenerasi makula, yang merupakan penyebab utama kebuataan pada orang tua. Vitamin A adalah antioksidan yang tinggi mampu meningkatkan kesehatan mata yang mampu melindungi mata dari radikal bebas dan mencegah kerusakan mata.

 8.  Meningkatkan sistem imun (kekebalan) pada tubuh
Jika kalian ingin menunjang sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai ancaman dari infeksi bakteri dan virus adalah dengan mengkonsumsi buah tin secara rutin misalnya 1 minggu sekali. Kandungan dari buah tin yang berupa kalium, mangan dan berbagai antioksidan inilah yang mampun menjadikan sistem imun menjadi lebih kuat dan strong. Jadi lebih sehat lagi dengan mengkonsusmsi buah tin ini.

 9.  Menjadikan tulang lebih kuat
Kandungan kalsium, kalium dan magnesium yang ada dalam buah tin ini mampu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang secara ekstra. Sangat dianjurkan mengkonsumsi buah ini pada masa pertumbuhan dan ketika menopouse agar selalu bisa beraktivitas dengan lancar dan aman.

Demikian ulasan yang bisa mimin tulis tentang buah tin, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita lagi. Happy day dears ^_^


Share:

0 komentar:

Posting Komentar