Kamis, 13 Agustus 2020

Mari Menjaga Hutan Indonesia Yang Indah

Blog CompetitionHutan adalah salah satu keanekaragaman hayati yang ada di indonesia karena ada beberapa hektare. Setiap hutan memiliki karakteristik masing-masing tetapi mereka memiliki fungsi yang sama yakni melindungi makhluk hidup yang ada di dalam dan yang paling utama adalah sebagai pembaruan oksigen bagi manusia setiap harinya.

 

Ada beberapa hutan yang saat ini diubah menjadi wisata rintisan yang sangat mempesona, bahkan sangat instagramable sekali. Cocok untuk anak muda yang gemar berselfie karena wisata hutan rintisan ini menyajikan taman bunga, kolam  renang, dan aneka wisata lainnya tanpa mengurangi fungsi hutan. 

 



Kebetulan sekali rumah mimin juga dekat dengan hutan tetapi hutan yang ada di dekat mimin dijadikan lahan pertanian atau disebut tegal alas (lahan pertanian yang ada dihutan), pemilik hutan (PERHUTANI) membuat program LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) yang bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk menanam tumbuhan sengon. Untuk pemeliharaannya sendiri masyarakat diberikan lahan untuk dijadikan pertanian dan sebagai gantinya mereka diwajibkan untuk menanam sengon dan pohon jati serta merawatnya hingga panen tiba.

 

Pembukaan lahan hutan (tegal alas) ini hanya dilakukan untuk hutan yang berada dekat dengan pemukiman masyarakat, alasan dari pembukaan lahan ini adalah masyarakat diajak bersama-sama PERHUTANI untuk menjaga hutan sekaligus menghasilkan mata pencaharian dari hutan lewat pertanian bukan ileggal loging (penebangan liar).

 

Banyak dari masyarakat yang menanami lahan pertanian di hutan dengan berbagai macam tanaman. Seperti padi, jagung, cabai dan masih banyak lagi. Mereka memelihara hutan sebagai mana mestinya karena mereka tidak ingin merusak ekosistem yang ada di hutan tersebut, akan tetapi masih saja ada sebagian masyarakat yang menebang hutan bagian dalam secara sembarangan dan memburu hewan yang ada di hutan tersebut. Akibatnya ekosistem hutan menjadi terganggu dan keadaan hutan sebagian menjadi kurang alami lagi.

 

Adopsi hutan adalah pemeliharaan berbagai macam tumbuhan yang ada di hutan yang dilakukan oleh PERHUTANI yang bergotong royong dengan masyarakat sekitar hutan. Melakukan pemeliharaan pohon berupa sistem tebang pilih serta memelihara keanekaragaman hayati di hutan tersebut, mereka bergotong royong untuk mewujudkan hutan yang indah dan asri lagi. Setiap selesai tebang pilih PERHUTANI dan LMDH mulai menanami lagi hutan dengan pohon jati, mahoni dan segon.

 





Masyarakat yang bertempat tinggal didekat hutan juga sangat antusias untuk menjaga hutan lewat program PERHUTANI dan LMDH, alasan mereka karena selain bisa menjaga hutan mereka juga mendapat lahan untuk bercocok tanam. Menjaga hutan dan penghidupan mereka pun tercukupi dari hasil menjaga hutan tersebut, antara pemerintah dan masyarakat saling menguntungkan seperti simbiosis mutualisme.

 

Hutan adalah paru-paru didesa ini yang mampu menjadikan udara disekitar tetap sejuk dan memiliki sumber mata air yang tetap mengalir walaupun kemarau melanda. PERHUTANI dan LMDH sangat perduli terhadap pelestarian hutan lewat pemeliharaan pohon yang ada di hutan khususnya hutan dibagian dalam.

 

Lewat lomba blog hari hutan ini mari kita menjadikan hutan lebih lebat lagi lewat program adopsi hutan. Hutan Indonesia yang indah tidak akan hanya menjadi mimpi tetapi menjadi nyata untuk diwariskan kepada anak cucu kita kelak, jangan berhenti untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya adopsi hutan ini. Semangat 



 

 




*** Hutanku yang Indah ****

Oleh : Eka Nur Rahayu

 

 

Hutan ku yang dulu asri....

Pepohonan menghijau indah dan segar dipandang mata

Kini engkau perlahan nampak gersang

Ditumbuhi dengan berbagai macam tanaman palawija

Tanahmu yang subur tempat penyimpanan air

Kini telah dirusak oleh produk kimia

Hingga hewan disekitarnya pun enggan hidup disana

 

 

Illegal loging merajalela.....

Hingga tanah pun kehilangan fungsinya

Banjir dan longsor menjadi malapetaka

Yang siap menghancurkan pemukiman warga

 

 

Mungkinkah masih ada kesempatan untuk menghijau lagi????

Wahai hutan indonesia yang indah

Lewat sajak kata ini semoga mampu menginspirasi

Untuk selalu menjaga hutan yang indah lagi

Hewan-hewan pun merasa bahagia hidup disana

Bukan berkeliaran dipemukiman warga

 

 

Ku berharap lewat program pemerintah

Penghijauan dan penanaman pohon kembali

Mampu menjadikan hutan indonesia

Kembali tersenyum indah dan berseri lagi

 

 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar