Rabu, 04 Oktober 2023

,

Budgeting and saving

 Finansial - Selamat pagi sahabat sanggar rumaeka, setelah sekian lama tidak menulis karena memang menghadapi anak yang sedang tribble two itu sangat menguras tenaga dan fikiran. Apalagi kalau anaknya hiperaktif jadi dobel-dobel capeknya, tapi yasudah lah hidup tinggal  menjalani saja dan jangan lupa bersyukur. 




Mengatur keuangan adalah salah satu hal yang menyenangkan karena kita bisa memanajemen pengeluaran yang penting dan hanya keinginan semata. Mengenal istilah Budgeting itu kak min kira-kira tahun 2021 pertengahan, dari situlah kakmin mulai membuat rencana keungan yang matang karena sebelum mengenal budgeting ini kak min merasa boronya dobel, tidak tahu uang habis kemana dan untuk apa saja. Tetetapi setelah mengena budgeting ini kakmin menjadi lebih bijak dalam berbelanja dan mengelola keuangan.

Kali ini  mau menshare cara budgeting alakak min, yakni :

1. persiapkan uang ya terlebih dahulu.

2. buku tulis dan bolpoin.

3. dompet untuk menyimpan uang, bisa pakai dompet pintar atau dompet lainnya. 

Pertama buatlah tabel untuk uang yang ingin ditabung, disimpan, untuk cicilan, kebutuhan. tetapi utamakan kebutuhan sudah tercukupi semua ya gaes. Disini kak min menggunakan metode persen yakni 20% kebutuhan, 10% tabungan, 5% tagihan, 10% sedekah dan 5% dana darurat. 

jika uang bulanan kita budgetkan diangkan 3,3jt = kabutuhan 2,4jt, tabungan 300rb, tagihan 150rb, sedekah 300rb dan dana darurat 150rb.

pertama buat catatan untuk belanja kebutuhan, ingat  ya gaes belilah barang yang dibutukan bukan yang dinginkan. kebutuhan ini bisa berupa belanja bulanan, harian, susu, popok, makan diluar dan jajan. karena setiap rumah tangga itu memiliki kebutuhan sendiri-sendiri, jadi pandailah mengatur keuangan agar bisa bertahan sampai akhir bulan ya gaes.

untuk tabungan kita sisihkan dari awal bulan ya karena menabung juga penting, buatkah catatan untuk menabung untuk memudahkan kita ya gaes. goals apa yang kita ingikan agar tercapai dan dari catatan itu nanti akan munculah benih-benih mengatur keuangan agar tidak boross.

tagihan disini bisa meliputi wifi, data, cicilan dan pdam ya gaes. kakmin disini tagihan hanya wifi, data dan litrik. karena kebetulan air disini melimpah dan kak min menggunakan sumur galian dan dipompa dengan sanyo, tak pakai mesin cuci gaes karena sudah ada mesin tangan dari sang illahi hehehe.

sedekah ini bisa kalian sisihkan di awal bulan, sedekah ini bisa meliputi untuk orang tua karena kakin pernah baca ya itu ada sabda nabi bawasannya sedekahlah dari keluarga dahulu, sedekah ini untuk yang mampu saja karena sejatinya sedekah itu meringankan bukan membebani ya gaes.

dana darurat.... hmmm tidak ada kan gaes dalam hidup ini orang tidak terdesak? sepertinya mustahil jika seseorang tidak pernah mengalami kesulitan dalam hidup dari mulai beban ringan hingga beban berat. nah, dana darurat ini bisa dijadikan dana saat kita dalam keadaan terdesak gaes, daripada hutang dan menyusahkan orang, alangkah lebih baiknya kita menyisihkan uang dari awal sedikit jika lama kelamaan akan banyak juga ya gaes intinya itu konsisten. kak min pernah tuh denger kata pak ustad jika hutang itu dapat menyusahkan orang, jadi janganlah kamu mengeluarkan uang yang tidak ada di kantongmu ya gaes. 

tetap semangat dalam budgeting dan saving, bijak dalam mengatur keauang karena bisa jadi hari ini kita banyak uang belum tentu besok. demikian sedikit cerita kak min dalam mengelola keuangan ya gaes semoga bisa konsisten nulis lagi demi menambah ilmu kita. terimakasih 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar