Jumat, 27 November 2020

Impian Terbesar sang disabilitas "Jika aku menjadi pemimpin Indonesia tercinta"

Blog Competition – pemimpin adalah seseorang yang memiliki wewenang atas beberapa orang di dalam suatu lingkup tertentu, walaupun begitu menjadi pemimpin tidak layak jika terlalu memaksakan kehendak pribadinya dan menomor akhirkan kepentingan umum.

Sebagai pemimpin yang memiliki pribadi luhur seharusnya mampu memiliki rasa empati yang tinggi, bijaksana, adil dan yang paling penting bersikap jujur. Sikap jujur akan menjadikan seluruh perbuatan menjadi baik karena kejujuran adalah fondasi dari akhlak yang terpuji.

Berbicara tentang impian, aku dulu saat kecil pernah bermimpi dan berkhayal. Andaikan aku menjadi seorang pemimpin pasti akan ku bantu orang yang memiliki ekonomi rendah dan memberikan bantuan kepada disabilitas. Aku merasakan sendiri bagaimana menjadi disabilitas tetapi tidak pernah mendapat perhatian lebih dari pemerintah, ya walaupun pemerintah itu setingkat kepala desa. Walaupun aku memiliki nilai akademik yang bagus saat sekolah dasar hingga aku bersekolah di perguruan tinggi tetapi aku juga tidak pernah mendapat reward dari sekolah, bahkan teman sekolahku selalu mengejekku dan memperolok diriku. Tapi, itu semua kujadikan batu loncatan untukku agar nilai akademikku dan akhlakku lebih baik dari teman-temanku.

Jika aku menjadi pemimpin di Indonesia akan ku bangun beberapa fasilitas umum yang tidak hanya diperuntukkan kepada orang non disabilitas tetapi juga untuk disabilitas. Fasilitas umum meliputi pelayanan yang baik, misalnya saat mengantre di pelayanan publik.  alasanku begitu karena aku merasa jika disabilitas itu tidak pernah diberi fasilitas yang baik saat berada di pelayanan publik.

Dalam hal pekerjaan, disabilitas tidak pernah diberi kesempatan untuk menunjukkan bahwa dirinya mampu untuk bekerja, karena sebelum mereka membuktikan bahwa dirinya mampu mereka sudah mendapat imange yang tidak bagus. Disabilitas itu seharusnya diberi kesempatan untuk menunjukkan bahwa ia memiliki kelebihan “kami itu hanya cacat fisik bukan cacat otak”, tetapi sebagian mereka hanya bisa melihat kekurangannya tanpa melihat kelebihannya. Mereka selalu beranggapan jika seorang disabilitas itu orang yang merepotkan, itu yang aku rasakan atau memang hanya asumsiku semata. Entahlah hehehe.

Selain memiliki impian mensejahterakan kaum disabilitas, jika aku menjadi pemimpin di Indonesia, sebagai generasi muda aku akan mengedepankan pendidikan khusus di daerah yang tidak terjangkau pendidikan yang baik. Memberikan fasilitas yang baik, berupa guru yang berkompeten, buku pelajaran yang layak, sekolah yang nyaman dan lingkungan belajar yang kondusif walaupun sekolah berada di desa terpencil. Sebagai anak desa yang jauh dari perkotaan aku merasakan sulitnya mendapat fasilitas yang baik saat sekolah, guru yang kurang berkompeten. Karena guru disekolahku saat itu hanya berpikiran memberi pekerjaan rumah, merangkum dan tidak pernah menjelaskan materi dengan baik.

Jika aku menjadi pemimpin di Indonesia, aku ingin pemerataan pendidikan kepada seluruh rakyat Indonesia tanpa pandang bulu baik disabilitas maupun non disabilitas mendapatkan pendidikan yang baik. Memberikan pendidikan yang  terbaik kepada mereka guna mendapatkan generasi muda yang berkompeten dalam bidangnya. Mengasah kemampuan mereka dalam bidang sesuai bakat, minat yang mereka bawa sejak lahir. Karena tugas dari pemerintah adalah menyalurkan bakat dan minat masyarakatnya agar menjadikan Indonesia memiliki generasi muda yang mampu menjadikan Indonesia semakin maju, bukan menjadikan generasi muda tidak memiliki kemampuan yang baik.

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan ini, jika kita tidak memiliki pendidikan yang baik bagaimana kita bisa mencintai negeri ini. Mencintai tanah air  adalah kewajiban setiap generasi muda, menjadikan bangga Indonesia lewat prestasi-prestasi generasi muda. Maka dari itu jika aku menjadi pemimpin di Indonesia pendidikan dan pemberian hak yang sama bagi disabilitas akan aku tegakkan seadil-adilnya.

Selain itu juga, jika aku menjadi pemimpin di Indonesia akan ku berikan pelatihan bagi disabilitas agar mereka memiliki keahlian yang mampu menopang hidupnya sendiri, tujuan dari hal ini adalah agar mereka tidak bergantung pada orang lain. Walaupun memiliki satu kekurangan tetapi mereka memiliki berjuta kelebihan yang tidak banyak dimiliki orang non disabilitas. Impian yang begitu tinggi hingga aku pun tidak pernah mengetahuinya, bagaimana cara untuk menggapainya. Bukan hanya pendidikan yang bagus tetapi keahlian yang mumpuni akan menjadikan disabilitas tidak lagi dipandang sebelah mata. Ya ini adalah sedikit khayalanku untuk menjadi pemimpin di Indonesia, hidup itu bukankah berawal dari mimpi??? hehe ya walaupun sulit untuk ku gapai impian itu setidaknya aku sudah menjadi pemimpin untuk diriku sendiri, mampu mengontrol emosi adalah salah satu pencapaian yang super wow hehe. 

Sekian tulisan recehan tentang mimpi ini, semoga berkenan untuk dibaca dan silakan meninggalkan komentarnya. Terimakasih 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar